Kamis, 02 Februari 2012

Pertemuan 1


PERTEMUAN 1
Analisis Perancangan Jaringan Komputer

Pada pertemuan pertama mata kuliah analisis perancangan system ini, dosen saya mencoba me-Review kembali tentang jaringan computer.
Adapun pokok bahasannya pada matakuliah perdana ini yaitu :
  1. Pengertian jaringan komputer
  2. Komponen pembentuk jaringan computer
  3. Satuan transfer data


Berikut hasil resume saya,  dari hasil kuliah dan referensi-referensi yang saya baca :

1. PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

 
Jaringan Komputer kalau kita jabarkan terdiri dari dua kata yaitu jaringan dan komputer. Adapun definisi nya sebagai berikut :

1.      Jaringan
Jaringan atau yang sering disebut network menurut modul CCNA Discovery 4.0 Networking for Home and Small Business adalah kemampuan untuk mengkoneksikan atau menghubungkan orang-orang dan peralatan, tidak menjadi persoalan dimana mereka ditempatkan di dunia.

2.      Komputer
Banyak pengertian dari para ahli mengenai computer yang pada akhirnya pengertian nya berujung pada tujuan yang sama, disini saya hanya mengambil beberapa dari pengertian computer menurut para ahli tersebut yang saya kutip dari buku Pengantar Teknologi Informasi yang dikarang oleh Aji Supriyanto :

Menurut kamus Oxford English Dictionary (OED2), edisi ke-2, mendefinisikan computer sebagai suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.

Menurut V.C Hamacher dalam bukunya ‘computer Organization’, computer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang disimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.


Dari definisi tersebut, bisa disimpulkan bahwa yang disebut dengan computer adalah perangkat elektronik yang dapat menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi.

Dari pengertian secara terpisah jaringan dan komputer diatas, bisa kita tarik pengertian jaringan computer (computer network) secara penuh yaitu :  

Jaringan computer adalah interkoneksi atau hubungan satu computer atau lebih beserta alat-alat penghubungnya, baik pada skala yang kecil maupun skala yang besar (dunia) yang diatur dengan standar aturan tertentu, dimana bertujuan untuk berlangsungnya komunikasi data ( misalnya untuk mendapatkan informasi). By Muhammad Imam Alqamar.
Dari pengertian secara terpisah jaringan dan komputer diatas, bisa kita tarik pengertian jaringan computer (computer network) secara penuh yaitu : 

Pada masa sekarang ini dimanapun kita berada, kita pasti bisa menemukan contoh jaringan baik itu jaringan komputer maupun jaringan telepon dan lain lain, seperti jaringan pada airport yang di ilustrasikan CCNA Discovery 4.0 Networking for Home and Small dibawah ini :


 

Sumber :
CCNA Discovery 4.0 Networking for Home and Small Business.
Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Salemba Infotek.

1 komentar:

Awk alun sempat baco,tapi isi koment se dulu mam....
"I have not had time to read it but my first love aja comments"

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More